Sunday, December 27, 2009

Arum jeram,mengarumi jeram atau jeram yang di arumi ?(mana yang bener?)

dari kata” di atas yang benar adalah `arum jeram` ,arum jeram adalah olahraga air (sungai) di mana kita mengarungi sungai menggunakan perahu karet biasanya 1 perahu berisi 6 orang dengan 1 pemandu . dan pada liburan ini gue mau mencoba olahraga ini bersama bokap !

pada libur panjang kaya gini biasanya gue menghabiskan waktu dengan main warnet ,tidur ,makan ,pacaran bila di urutkan menjadi seperti ini ( tidur-warnet-makan-pacaran-warnet-makan-pacaran-tidur) terus sempet juga di ajak nginep di rumah eyang gua di bogor ,eh pas udah sampe sana gua malah mengungsikan diri ke rumah sodara gua akhirnya pada hari minggu tapatnya hari ini bokap ngajak gua main arum jeram di daerah sukabumi nama sungainya sungai citarik .setelah deal gua udah mempersiapkan diri dari malemnya dan untuk pertama kalinya pas malam minggu gua tidur jam 10 ! emang sih mau tidur beratnya setengah mati soalnya gua kalo malem minggu biasanya tidur malem .
nah pas paginya gua di bangunin jam 5 kurang 15 ,gua semangat banget tuh pagi itu jujur soalnya ini pengalaman pertama main arum jeram biasanya gua cuman hiking ato main di laut (main pelampung) jam 5.26 gua udah jalan dari rumah berdua sama bokap gua dan tepat pukul 7.40 udah sampe di lokasi sempet mabok juga gara” sewaktu di perjalanan kita melewati tikungannya yang sangat tajam dan seperti biasa sesampainya di lokasi tujuan utama adalah MENCARI KAMAR MANDI ,sempet bingung juga nyari kamar mandinya udah nanya kasir ,resepsionis ,restoran tetep aja ga ketemu” kamar mandinya sempet berpikir juga gua untuk kencing di muka yang jaga kasir ckck ,akhirnya setelah panuh perjuangan akhirnya gua menemukan pintu kamar mandinya *huaaaaa pas masuk ke tempat pipis yang berdiri ternyata pintunya GA BISA DI KUNCII ! sempet bingung juga akhirnya gua terpaksa pipis sambil kaki kanan nahan pintu kesannya jadi kaya tikus lagi pipis (emang bener sih) sempet kesusahan juga sih pipis dengan posisi begitu yang terlintas di pikiran gua `INI GUA MAU KENCING ATO MAU YOGA SIH?` pas sudah selesai menyelesaikan urusan pribadi gua langsung keluar dari tempat pipis terus ada orang yang masuk ,bapa” gendutt banget pas dia mau masuk gua langsung aja ngomong `mau yoga juga ya pa ?` itu bapa” cuman celingukan aja ngeliatin gua. pas gua keluar kamar mandi ternyata bokap gua udah selesai dari kasirnya katanya jam 9 baru bisa jalan jadi gua jalan” dulu beli sandal lah liat” sungainya liat” perahu karetnya dan akhirnya di umumkan gua udah bisa jalan sekarang akhirnya jam 8.06 gua udah jalan ,perjalanan pertama adalah naik ke atas menggunakan truck warna kuning melewati medan yang cukup berat bokap gua jadi deket sama pemandu”nya gara” dia cerita” kalo dulu dia pernah ke sini terus pemandunya juga cerita”tentang kompetensi arum jeram tingkat internasional dan banyak lagi .pas udah sampe di pos kita di kasih tau intruksi”nya ,gimana cara mendayung yang benar ,cara melewati jeram” dan pas di kasih intruksi buat kondisi darurat contohnya kalo perahunya kebalik muka orang”nya langsung tegang semua pas mendengar bahwa perahunya bisa terbalik ,dan kocaknya pas di bagian cara” menyelamatkan diri mereka mendengarkannya dengan sangat seksama ,malah ada ibu” yang udah ketakutan deluan .gua ama bokap gua cuman ketawa” aja .berhubung gua cuman berdua sama bokap jadi gua perahunya di gabung sama 1 ibu” dan 2 anak kecil umurnya 11 sama 12 tahun ,dan berhubung bokap gua senior di sini dan berhubung juga gua anak dari senior ini terpaksa (kalo boleh jujur sebenernya sih DIPAKSA) duduk di depan ,gua sebelah kanan dan bokap sebelah kiri ,terus pemandunya bilang ..
pemandu : gapapa kan pak di gabung ?
bokap : gapapa kok kalo ada apa” ada tim rescuenya yang siap menyelamatkan
gue : mau MENYELAMATKAN atau DISELAMATKAN ?
eh langsung kepala gua di getok pake dayung sama bokap ckck

akhirnya perahu di jalankan ,pertamanya gua kira cuman perahunya goyang” dikit ga taunya perahu itu kalo nurunin jeram sampe tengah “ perahunya nekuk baru jeram pertama aja penumpang belakang mukanya udah panik begitu di tambah lagi dengan pemandunya dengan rasa tak bersalah dia ngomong `tadi baru pemanasan!` muka penumpang belakang tambah shok aja tapi setelah jalan sekitar setengah jam anak” itu mulai terbiasa .akhirnya kita sampai di sungai yang agak tenang terus pemandunya bilang `kalo mau nyebur silahkan?` langsung gua dengan semangat 45 bertekat lompat pake gaya lumba” ,eh pas mau lompat bokap gua bilang `nyemplungnya bokong deluan biar ga sakit kalo ada batu` gua akhirnya mengambil posisi ternyaman ,pas lagi nungging tiba” gua di tendang ama bokap gua (masih menyimpan dendam) dan yang lain juga ikut lompat (tapi kaga di tendang kaya gua ck) ,pas udah mau berangkat semua udah di angkat tinggal gua pas gua ngulurin tangan gua kea rah bokap ,eh taunya bokap bukannya ngangkat gua eh dia malah bilang `udah kan penumpangnya udah pas ayo jalan pak` gua panik langsung teriak `pa ga lucu pa ,pa angkat cepetan di depan ada jeram CEPETTT !! ` akhirnya gua di angkat juga sama bokap (2x gua di celakakan oleh dia) pas di jeram tersebut bokap gua hampir jatoh dan gua tertawa bahagia `sukurin pa ,kualat sih tadi ngerjain iqbal` .terus karena dia masih dendam ama gua gara” gua ledekin akhirnya dia bales dendam lagi ,pas perahunya berhenti gua di suruh turun di batu gede gitu ,katanya pengen di foto eh ga taunya gua udah gaya cape” sampe di batunya , dia malah ninggalin gua ,gua lari”an kaya orang India tapi bedanya kalo gua larinya kaya tikus lagi di kejer biawak ..
abis itu ga ketinggalan tradisi kalo bermain arum jeram ,yaitu setiap ketemu sama perahu lain pasti langsung napsu siram”an terutama dua ekor anak kecil yang seperahu ama gua ,menurut pengamatan gua anak” tersebut lebih tertarik siram”annya dari pada mengarumi jeram haha. terus akhirnya kita sampai di pos peristirahatan pertama ,di sana cuman istirahat sekitar 5 menit abis itu kita terusin jalan lagi ! buat perjalanan selanjutnya 2 ekor anak” dan induknya (ibu”nya) pindah perahu ke perahu suaminya dan di gantikan dengan 3 orang laki” seumuran gua . baru sedikit jalan tiba” ada rombongan yang tertinggal dan kita terpaksa berhenti sejenak waktu mau menepi ke pinggir ternyata ada perahu lain yang bukan rombongan gua juga sedang menunggu teman”nya terus dia ngomong `maap ya de kalo di sini salam kenalnya kaya gini!` tiba” dia langsung nyiramin air ke arah perahu gua otomatis para penumpang di perahu gua langsung membalas dengan kejam ,malah ada yang saking napsunya sampe nyodok”in perahu mereka dengan dayungnya (untung nyodoknya pake dayung ya ,,haha) terus tiba” dari penumpang perahu gua yang duduk di tengah teriak `wooy! jangaaann !` serentak semuanya langsung berhenti menyiram air ,beberapa saat kemudian dia melanjutkan kata”nya `JANGAN RAGU – RAGU !!!!` tenyata kata” itu membangkitkan semangat pemuda” Indonesia yang berada di perahu gua ,bahkan 2 ekor pemuda yang duduk di tengah sampe turun dari perahu dan menyiramkan air dengan menggunakan tangannya (kan ga lucu kalo pake kaki,nanti malah di kira putri duyung lagi ) setelah perahu yang tertinggal datang ,kita melanjutkan perjalanan melewati jeram” . jeram pertama kata pemandunya di sebut dengan jeram kembar karena ada dua jeram di kiri dan kanan dan kebetulan juga bentuknya sama ,dan seperti biasa gua membuat nama sendiri buat jeram tersebut ,karena kembar jadi gua menyebut jeram tersebut dengan nama JERAM TETE Karena kan kembar? jadi apa salahnya kalo gua kasih nama tete ? bener kan ? .terus ada juga jeram zikzak ,di sebut jeram zikzak karena pas kita melewati jeram tersebut perahu kita belok ke kiri dan kanan sebanyak 5x ,sempet mabok juga sih waktu lewat jeram itu ,terus akhirnya kita sampai di jeram yang paling besar di mana di sana biasanya banyak yang jatoh kerena jeram terebut emang tinggi banget pas udah dibibir jeram gua langsung ngomong `untuk semua penumpang perahu ,di harapkan mengambil posisi duduk ternyaman dalam perahu ini karena kita akan sedikit terguncang` sesaat setelah gua ngomong itu langsung kita jatoh dengan ketinggian sekitar 1 meter ,semua penumpang teriak dan akhirnya jeram ini memakan korban ,2 ekor laki” yang berada tepat di belakang gua (posisinya di tengah perahu) jatoh dan sukses nabrak batu ,mana mukanya melas banget lagi TERUS LANGSUNG GUA TINGGALIN AJA DUA ORANG ITU ,TERUS BOKAP DAN PEMANDU DAN 1 PENUMPANG LAINNYA GUA JATOHIN SEMUANYA DAN DI PARAHU ITU TINGGAL GUA ! TINGGAL GUA SEORANG ! DAN GUA BERTERIAK DENGAN BANGGANYA .. PERAHU KARET INI PUNYA GUA !!! LO DENGER ? PUNYA GUAAAA .. oke buat yang ini gua boong .. lanjut ,karena kasian jadi gua TERPAKSA angkat kembali orang” itu ,terus pas jeram selanjutnya ada jeram yang menarik ,jadi setelah jeram sekitar setengah meter langsung ada batu gede ,langsung semuanya dengan semangat ngedayung dengan cepat dan waktu abis ngelewatin jeram langsung nabrak batu tersebut dengan lumayan keras dan kita sukses ngebuat perahu itu miring sekitar 60 derajat ,terus pemandu/intrukstur memberi perintah pindah kiri (perintah agar semua penumpang yang berada di sisi kanan pindah ke sisi kiri) tetapi karena agak panik dan binggung ,gua malah yang pindah ke kanan dan dengan polosnya orang” di belakang gua malah ngikutin gua dan gua sukes membuat situasi tambah kacau ,perahunya mau kebalik dan untung aja perahu gua di tabrak dari belakang sama bapa” yang nyiramin gua tadi ,bokap gua sebagai senior memberi intruksi `sebagai rasa terima kasih` belum selesai ngomong penumpang perahu gua langsung nyiramin perahu tersebut ,di belakang intruksturnya cuman bisa geleng” sambil ngomong `kalo gini caranya ,bisa terbalik nih perahu saya` yang lain cuman ketawa” ,terus di jeram berikutnya ini adalah jeram paling berbahaya kalo kata instrukturnya waktu hujan atau water levelnya lebih dari 100 cm jeram ini ga bisa di lalui karena perahunya bisa terbalik ,dan pas perahu gua lewat situ tiba” perahu gua ketarik balik lagi ke jeram dan ke isi air otomatis perahu gua nyangkut di jeram itu ,semua pemandu panik tapi anehnya penumpang perahu gua ga panik sama sekali ,malah pada ketawa” Karena juram ini sukses memakan 1 orang korban yaitu laki” yang bersebelahan sama instrukturnya ,akhirnya kita di tarik pake tali . ya bagi gua perjalanan kali ini emang sangat menyenangkan dan malah gua berencana mau pergi lagi kalo ada kesempatan hehe :))

information : class III ,rapids at water level 90 cm ,day of December 27 2009
location : citarik river ,sukabumi ,west java – Indonesia
hunting : www.arusliar.co.id

1 comment: